Minggu, 08 April 2012

Masalah Kegemukan Pada Manusia

         Masalah kegemukan memang bisa terjadi pada manusia, sebenarnya apa sih kegemukan itu?
Kegemukan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidak seimbangan antara pemasukan dan pemakain kalori yg dapat di sebabkan oleh banyak faktor, antara lain : asupan makanan yg berlebihan, kelainan metabolisme, kurang bergerak, faktor keturunan dan yg lainnya. Dalam keadaan normal dimana metabolisme tubuh bekerja dengan baik semua asupan makanan akan di pakai sebagai sumber kalori/tenaga.



          Namun dalam keadaan metabolisme tubuh terganggu maka asupan makanan yg berlebih tidak dapat diolahsecara sempurna dan kelebihan tersebut akan di simpan dalam bentuk lemak yg menyebabkan gejala kegemukan. Timbunan sel lemak yg terjadi akan berefek terganggunya fungsi organ vital dan sebagai komplikasi lain dapat terjadi timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti : kencing manis, penyakit jantung, stroke, darah tinggi, gagal ginjal dll menurut para ahli kesehatan.

         Banyak cara di lakukan untuk menurunkan berat badan seperti :

-Balutan dingin (cold wrap)
Tubuh dibalut dengan balutan sedingin es dengan asumsi bahwa tubuh Kita akan bereaksi terhadap suhu di sekelilingnya. Bila suhu udara dingin sekali (seperti pada musim salju), tubuh akan mengeluarkan energi panas yg di peroleh tubuh dari pembakaran lemak-lemak dalam tubuh. Dengan demikian lemak-lemak tubuh di bakar dengan paksa untuk mengeluarkan energi panas supaya melawan hawa dingin. Cara ini sangat menyiksa jika di lakukan dengan terpaksa secara lahir dan bathin. Jadi jika ingin melakukan hal ini harus ikhlas baik secara lahir maupun bathin agar hasil sesuai dengan yg di inginkan.

-Sweaty Thermal (alat pemeras keringat) 
Dengan asumsi bahwa 60% lebih tubuh Kita terdiri dari air, maka tubuh di masukkan dalam tabung sebatas leher dengan di uapi hingga mencapai suhu di atas 40 derajat celcius, sehingga otomatis tubuh akan mengeluarkan keringat sampai 3 liter atau 3 kig. Alhasil berat badan turun 3 kg
Cara ini memang efektif, namun bisa menyebabkan dehidrasi jika berlebihan dan tidak konsultasi dengan dokter atau para ahlinya. 


-Penyedot lemak (Liposuction) 
Lemak yg berada pada bagian tubuh yg berlebihan seperti di pinggang, pangkal paha, pangkal lengan, perut, pinggul dan lain-lain di sedot dan di keluarkan. Setelah penyedotan biasanya tubuh akan merasa lemas dan harus beristirahat selama berminggu-minggu guna memulihkan tenaga. Penyedotan lemak yg berlebihan dapat berakibat terjadinya kekurangan vitamin yg larut dalam lemak yg tersedot tersebut. 


-Akupuntur
Dengan menusukkan jarum ke pusat syaraf yg berhubungan dengan nafsu makan, hingga selera makan berkurang bahkan hilang sama sekali. Badan akan menjadi kurus karena asupan makan sangat sedikit. 
Mungkin terlalu beresiko namun juga ada yg berhasil dengan cara ini.

-Jamu pelangsing/ Obat-obatan penurun badan 
Umumnya mengandung obat pencahar dan dueretic, yg menyebabkan akan sering buang air besar dan kecil. Jika ingin melakukan hal ini harus teliti dengan kandungan bahan-bahannya atau di sesuaikan dengan keadaan tubuh dan sesuai resep dokter. 

Nah, para agan dan sista itu merupakan contoh hal-hal untuk menurunkan berat badan. Namun jika ingin menurunkan berat badan secara sehat dan cepat mungkin bisa melalui pakarnya dan untuk berkonsultasi langsung di  program diet mudah bersama Bpk.Arief maulana 

Tidak ada komentar: