Senin, 25 Juni 2012

Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Kepada Anak

Dalam hal pendidikan kepada seorang anak menjadi tanggung jawab penuh dari orang tua. Sekolah dan guru adalah salah satu faktor pembantu dalam hal memberikan pendidikan, namun peran orang tua lah yg paling besar dalam peningkatan kualitas pendidikan seorang anak. Masa depan seorang anak harus di persiapkan orang tua sejak masih anak-anak, dan yg paling utama adalah dengan memulai masalah pendidikan


Seorang guru adalah seseorang yg bekerja dengan menjual jasa dalam hal pendidikan. Jadi, seorang guru hanya melaksanakan tugas dalam mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya sesuai dengan kurikulum dari pemerintah. Dan masalah bahwa seorang murid berprestasi atau tidak, itu bukan menjadi urusan sang guru.
Masalah anak dapat memahami sebuah pelajaran menjadi tanggung jawab seorang guru, namun sepenuhnya adalah tanggung jawab dari seorang murid itu sendiri.

Seorang guru sudah berusaha dengan segenap jiwa raga dalam memberikan sebuah materi pelajaran agar para murid dapat menangkap dan memahami materi dalam belajar, namun jika ada seorang murid yg tidak berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran sehingga tidak dapat lulus dalam mata pelajaran itu bukanlah salah seorang guru, namun itu adalah kesalahan dari si murid itu sendiri dan si murid itu pasti mempunyai sebuah masalah dengan dirinya, apa yg membuat ia tidak konsentrasi dalam mengikuti sebuah mata pelajaran. Di sinilah peran seorang guru dan orang tua mutlak di perlukan.

Seorang guru harus bekerja sama dengan orang tua si murid dengan melaporkan bahwa si murid tidak berkonsentrasi dalam mengikuti materi pelajaran. Dan orang tua harus tanggap dan segera mencari solusi dalam memecahkan masalah ini sebelum masalah ini menjadi terlalu besar.
misal :
Seorang Thomas Alfa Edison yg masih kecil adalah salah satu murid yg lamban dalam memahami sebuah materi pelajaran dan orang tua nya tahu akan hal ini melalui laporan seorang guru. Kemudian si orang tua segera mencari solusinya dengan memanggil guru privat untuk belajar di rumah (home schooling) dan akhirnya seorang Thomas Alfa Edison bisa menjadi salah satu ilmuwan hebat yg bisa menciptakan lampu bolam sehingga bisa menerangi dunia dan mampu mendapatkan lebih dari 1000 hak paten.

Kesimpulan :

Bahwa pada dasarnya tak akan ada anak yg bodoh di dunia ini jika orang tua mau memberikan perhatian dalam hal pendidikan kepada seorang anak. Kegagalan seorang anak dalam hal pendidikan juga merupakan kegagalan bagi orang tua.

Tidak ada komentar: