1.EVALUASI DIRI ( penilaian diri )
Siswa mempunyai prakarsa sendiri utk menilai kualitas atau kemajuan pekerjaan mereka sendiri
mampu memberikan sebuah penilaian terhadap diri sendiri, berapa kemampuan diri dlm menguasai
suatu pelajaran di kelas.
2.MENGORGANISASI DAN MENGUBAH
Siswa mempunyai prakarsa sendiri utk mengatur kembali bahan-bahan pelajaran utk memeperbaiki
cara belajarnya sendiri. disiplin waktu
Tahu kapan waktu belajar dan kapan waktunya bermain, sehingga waktu yang di pergunakan tidak
sia-sia dalam masa belajar.
3.MENENTUKAN RENCANA DAN TUJUAN
Penentuan rencana dan tujuan yg menyangkut penentuan target utk melengkapi tugas/kegiatan belajar.
Mampu merangsang semangat utk belajar agar bisa lulus dengan nilai tinggi.
4.MENCARI INFORMASI
Usaha siswa utk mendapatkan informasi dari sumber tertulis ketika mengerjakan tugas belajar.
Tugas belajar berfungsi sebagai latihan bagaimana siswa mampu dlm mengerjakan tugas belajar
tanpa pertolongan guru.
5.MENCATAT DAN MEMONITOR
Usaha siswa utk merekam kejadian-kejadian/hasil belajar. konsentrasi utk menangkap semua
penjelasan dari guru.
6.MENGATUR LINGKUNGAN
Usaha siswa utk memilih atau mengubah lingkungan belajar agar dapat belajar dengan baik.
membuat tempat yang nyaman utk belajar agar dapat berkonsentrasi dengan baik.
7.KONSEKUENSI DIRI
Menunjuk pada rencana atau imajinasi siswa tentang hadiah atau hukuman yg akan di berikan utk
sebuah prestasi ataupun sebuah kegagalan sendiri.
Berikan hadiah bila mendapat prestasi dan konsekuensi utk memvonis diri dengan hukuman apabila apabila menemui kegagalan dlm prestasi.
8.MENGULANG DAN MENGINGAT
Usaha siswa utk mengingat bahan-bahan dlm bentuk latihan dlm hati ataupun bukan.
menjaga memori belajar agar meresap ke otak dan menjaga dari hal-hal yg bisa mengakibatkan
lupa dlm pelajaran. seperti : nonton TV jangan lebih dari 2 jam perhari.
9.MENCARI BANTUAN
Usaha siswa utk mencari bantuan dari teman sebaya, guru dll. dalam kegiatan belajarnya. Jangan pernah malu utk bertanya tentang ilmu pengetahuan.
10.MEREVIEW DAN MENELAAH CATATAN/TES/BUKU PELAJARAN
Usaha siswa utk membaca kembali catatan, tes yg sudah lalu maupun buku-buku pelajaran di kelas
maupun utk menghadapi ulangan harian, maupun tes nasional.
SEMOGA ARTIKEL YG PENUH KEKURANGAN
DAPAT MEMBANTU KUALITAS BELAJAR PEMBACA
TERIMA KASIH
Siswa mempunyai prakarsa sendiri utk menilai kualitas atau kemajuan pekerjaan mereka sendiri
mampu memberikan sebuah penilaian terhadap diri sendiri, berapa kemampuan diri dlm menguasai
suatu pelajaran di kelas.
2.MENGORGANISASI DAN MENGUBAH
Siswa mempunyai prakarsa sendiri utk mengatur kembali bahan-bahan pelajaran utk memeperbaiki
cara belajarnya sendiri. disiplin waktu
Tahu kapan waktu belajar dan kapan waktunya bermain, sehingga waktu yang di pergunakan tidak
sia-sia dalam masa belajar.
3.MENENTUKAN RENCANA DAN TUJUAN
Penentuan rencana dan tujuan yg menyangkut penentuan target utk melengkapi tugas/kegiatan belajar.
Mampu merangsang semangat utk belajar agar bisa lulus dengan nilai tinggi.
4.MENCARI INFORMASI
Usaha siswa utk mendapatkan informasi dari sumber tertulis ketika mengerjakan tugas belajar.
Tugas belajar berfungsi sebagai latihan bagaimana siswa mampu dlm mengerjakan tugas belajar
tanpa pertolongan guru.
5.MENCATAT DAN MEMONITOR
Usaha siswa utk merekam kejadian-kejadian/hasil belajar. konsentrasi utk menangkap semua
penjelasan dari guru.
6.MENGATUR LINGKUNGAN
Usaha siswa utk memilih atau mengubah lingkungan belajar agar dapat belajar dengan baik.
membuat tempat yang nyaman utk belajar agar dapat berkonsentrasi dengan baik.
7.KONSEKUENSI DIRI
Menunjuk pada rencana atau imajinasi siswa tentang hadiah atau hukuman yg akan di berikan utk
sebuah prestasi ataupun sebuah kegagalan sendiri.
Berikan hadiah bila mendapat prestasi dan konsekuensi utk memvonis diri dengan hukuman apabila apabila menemui kegagalan dlm prestasi.
8.MENGULANG DAN MENGINGAT
Usaha siswa utk mengingat bahan-bahan dlm bentuk latihan dlm hati ataupun bukan.
menjaga memori belajar agar meresap ke otak dan menjaga dari hal-hal yg bisa mengakibatkan
lupa dlm pelajaran. seperti : nonton TV jangan lebih dari 2 jam perhari.
9.MENCARI BANTUAN
Usaha siswa utk mencari bantuan dari teman sebaya, guru dll. dalam kegiatan belajarnya. Jangan pernah malu utk bertanya tentang ilmu pengetahuan.
10.MEREVIEW DAN MENELAAH CATATAN/TES/BUKU PELAJARAN
Usaha siswa utk membaca kembali catatan, tes yg sudah lalu maupun buku-buku pelajaran di kelas
maupun utk menghadapi ulangan harian, maupun tes nasional.
SEMOGA ARTIKEL YG PENUH KEKURANGAN
DAPAT MEMBANTU KUALITAS BELAJAR PEMBACA
TERIMA KASIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar