Sabtu, 22 Oktober 2011

solusi global warming

            Global warming atau pemanasan global  semakin  mengancam  eksistensi  bumi, efek rumah kaca, tingkat  polusi  udara  di duga  menjadi  penyebab  utama  yg  semakin  menipiskan  lapisan  ozon  di atmosfir. Cara  manusia  yg  hidup  tanpa  peduli  dgn  kesehatan  bumi  yg  di pijak  telah  berakibat terhadap  berbagai  kerusakan  lingkungan. Asap  timbal  hasil  pembakaran  mesin  kendaraan  bermotor makin  merusak  kualitas  udara. Program  kepedulian  terhadap  kelangsungan  hidup  bumi  mulai  di lakukan  berbagai  pihak  sebelum  planet  ini  semakin  hancur. Pertamina  sebagai  salah  satu  pihak  yg bersangkutan  meluncurkan  bensin  premium  tanpa timbal (TT)  utk  menekan  tingkat  polusi  agar  lebih rendah  serta  harga  yg  lebih  murah  dari  premium  sebelumnya.
MESIN HIBRIDA MINIM GAS BUANG                                                                                          Para  produsen  mobil  berlomba-lomba  menciptakan  kendaraan  dgn  mesin  ramah  lingkungan. Teknologi  mesin  hibrida  mulai  di kembangkan  setelah  melalui  riset  panjang  dan  memakan  biaya milyaran  dolar. Teknologi  yg  di terapkannya  membuat  mesin  menghasilkan  emisi  gas  buang  yg  sangat kecil  tetapi  dengan  kinerja  yg  cukup  baik  dan  tetap  memperhatikan  efisiensi  konsumsi  bahan bakarnya. Pada  umumnya, mobil  bermesin  hibrida  menggunakan  kombinasi  mesin  BBM  konvensional dan  motor  listrik  utk  mencapai  kekuatan  maksimal  dari  masing-masing  mesin tsb. Namun  rasanya masih  butuh  waktu  panjang  utk  memproduksi  mobil  dgn  mesin  hibrida  secara  massal, selain  itu  dgn beragam  kelemahannya  mesin  hibrida  masih  sedikit  sulit  bisa  menggantikan  mobil  dgn  mesin konvensional  yg  sudah  memasyarakat. Tak cuma  produsen  mobil, produsen  motor sbg  kendaraan primadona  bebas  macet juga  mulai  berinovasi  supaya  lebih  ramah  lingkungan. Dengan  menambahkan mesin  dinamo yg  menghasilkan  tenaga  listrik, menjadi  solusi  bagi  kendaraan  roda  dua, maka  sepeda motor  berubah  menjadi  sepeda  listrik  Kendaraan  alternatif  yg  hemat  dan  ramah  lingkungan  ini  terbagi  atas  dua  jenis, yg  pertama  sepeda  listrik  yg  menggunakan  sistem  power on demand (POD) dgn  cara  kerja, pengendara  tinggal  menarik  gas  tanpa  harus  di kayuh. Sementara  yang  kedua memakai  sistem  power  asis  system (PAS) dgn  cara  kerja  yg  membutuhkan  kayuhan  utk menghidupkan  mesin, namun  dgn  bantuan  mesin  dinamo  kayuhannya  jadi  lebih  ringan. Hemat, karena tdk  butuh  BBM  untuk  menjalankan  mesinnya, listrik  sbg  bahan  bakar  utamanya  bisa  di dapatkan  dari  pengisian  ulang (charge). Untuk  menempuh  jarak 40-60 km  proses  pengisian  ulang  baterai  di lakukan  selama 8 jam. Walaupun  hanya  bisa  melaju  dgn  kecepatan  maksimal  30 km/jam, sepeda  listrik  ini  tergolong  mudah  dlm  perawatannya, tidak  membutuhkan  oli  layaknya  motor  pd  umumnya. Penggantian  suku  cadang  seperti  rem, ban atau rantai  bisa  di lakukan  di bengkel  sepeda.

Tidak ada komentar: