Jumat, 18 Mei 2012

Ikan Gurami Menjadi Yang Termahal Di Antara Jenis Ikan Air Tawar.

Ikan gurami adalah jenis ikan tawar yang memiliki harga paling tinggi, di banding dengan ikan iar tawar yang lain. Gurami di gemari karena dagingnya tebal serta memiliki aroma khas dan rasa gurih yang tinggi. Harga ikan gurami di atas Rp.25.000,- sampai Rp.35.000,- perkg, sedangkan harga dari jenis ikan tawar lainnya masih di bawah Rp.20.000,-perkg . Gurami yang beratnya 1 kg jika di bersihkan sirip duri dan kotorannya hanya tinggal setengah kg. Harga ikan gurami dari petani masih termasuk murah antara Rp.20.000,-sampai Rp.25.000,-perkg.

Membeli bibit gurami memang harus hati-hati, hindarilah bulan-bulan seperti Agustus dan september, karena pada bulan tersebut masa gurami berpenyakit telah terlewati. jika ingin cepat panen belilah bibit yg yg perkilonya berisi 3 ekor atau ratat-rata beratnya 3 ons.

Memelihara gurami sebaiknya pada kolam yg airnya selalu berganti. makanan gurami adalah hijau-hijauan atau dedaunan apa saja dan untuk kolam yg airnya mengalir kecil jangan ada makanan sisa, sangat membahayakan. setelah 10 tahun, ikan gurami mudah di jangkiti pnyakit. Gurami yang mudah kena penyakit adalah yang bertnya kurang dari 2 ons. Gurami yang beratnya 4 ons ke atas jarang kena penyakit.

Gejala penyakit gurami yang paling berbahaya ada dua :
1. Gurami yg melotot matanya sebelah atau keduanya.
2. Gurami yg suka ambil udara di permukaan, sebentar-sebentar melongokkan kepalanya ke permukaan air.
Untuk gejala nomer 2 adalah gejala yg paling berbahaya, gejala ini cepat mengantarkan kematian.

Tidak ada komentar: