Rabu, 09 Mei 2012

Cara Memilih Ikan Segar

Beruntung sekali Kita hidup di negara Indonesia, yg kaya akan lautan dan mempunyai banyak ikan. Ada berbagai jenis ikan di perairan Nusantara, baik ikan air, tawar maupun laut sehingga hal ini bisa menjadi potensi bagi masyarakat untuk menjadikan ikan sebagai mata pencarian dan salah satu kekayaan alam Indonesia.
Ikan memang enak di santap dan sering menjadi menu utama di restoran-restoran seperti ikan tuna, bawal, tengiri, bandeng, kakap, baronang, tongkol dan masih banyak lagi. Di samping makanan yg lezat, ikan merupakan sumber protein tinggi yg sangat baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak karena ikan banyak mengandung Omega 3 yg sangat baik bagi kesehatan jantung dan otak manusia.

Ikan dapat di temui dalam berbagai macam aneka masakan seperti ikan bakar, ikan goreng sampai ada yg namanya otak-otak tengiri dan masih banyak lagi. Ikan menjadi makanan yg spesial karena bila di olah menjadi masakan apa saja selalu enak dan lezat, bahkan hanya dengan di bakar saja tanpa bumbu apapun tetap enak rasanya. Ikan selalu laris di pasaran, hal ini bisa di lihat di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) tak pernah ada ikan yg tidak laku di lelang bahkan menjadi rebutan bagi para pembeli.

Ikan segar selalu menjadi pilihan bagi banyak orang, namun ada beberapa hal yg harus di perhatikan dalam memilihnya dan untuk bisa mengenali ikan yg segar di pasaran :
- Pilih ikan yg berbau segar dan bermata jernih
- Bila di tekan daging terasa kenyal dan tidak lembek
- Insang masih merah dan bersih, tidak hitam
- Sisik ikan masih kuat, tidak mudah terkelupas




1 komentar:

Obat Kembali Gadis mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua