Rabu, 04 April 2012

Makna Dari bangsa Yang Besar

         Bangsa Yang Besar adalah bangsa yg mampu menghargai jasa para pahlawannya dalam merebut kemerdekaan serta melanjutkan cita-cita bangsa yg adil dan makmur sesuai dengan Pancasila dan UUD 45.
Sebenarnya ada sebuah pertanyaan yg melintas dalam ungkapan mengenai bangsa yg besar , yaitu apa sesungguhnya maksud dari ''Bangsa yg besar''. Apakah bangsa yg besar itu bangsa yg jumlah penduduknya banyak? apakah bangsa tersebut memiliki wilayah yg besar dan luas.



         Kebesaran sebuah bangsa dapat terwujud berkat usaha semua atau sebagian besar warga bangsa. Seluruh warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan pulau Miangas (Halmahera,Maluku Utara) sampai pulau Rote (Nusa Tenggara Timur) di harapkan turut serta mewujudkan hal itu.
Menurut Stephen Covey dalam The 8th Habit: From Effectiveness to Greatness (2005), kebesaran seseorang merupakan puncak dari 7 kebiasaan efektif, yaitu bersikap proaktif, memulai dengan bervisi, membuat prioritas, berfikir menang-menang, mengerti dahulu baru di mengerti atau bersikap simpatik, bersinergi, relaksasi atau refleksi untuk pengembangan diri.

          Seorang yg telah mampu menjadi pribadi yg efektif, pengaruh efektivitas itu perlu terus menerus di pelihara, di pertahankan dan perlu di kembangkan. Dengan cara ini seseorang akan memperoleh kebesaran, kejayaan, kemegahan atau keagungannya. Jika kebesaran sebuah bangsa merupakan kumpulan kebesaran pribadi para warganya, setiap warga bangsa ini wajib mengupayakan kebesaran pribadi masing-masing.

          Indonesia adalah bangsa yg besar. Paling tidak, besar jika di lihat dari sisi populasi penduduk serta lebih dari 17.000 pulau yg terserak di sepanjang garis khatulistiwa. Tidak hanya itu, Indonesia juga terdiri dari berbagai macam suku bangsa, adat kebiasaan, bahasa, agama serta masih banyak lagi. Jika di lihat dari sisi itu, setidaknya bangsa ini memang bangsa yg besar dari segi kuantitas.

          Sebagai bangsa yg besar, Indonesia perlu mempunyai mimpi atau cita-cita yg besar untuk di raih bersama. kedua hal itu mempunyai nilai yg penting, khususnya untuk mengetahui akan di bawa kemana atau seperti apa tujuan akhir bangsaini. Tanpa mimpi yg besar, Indonesia akan sulit untuk kompak, bersatu dan solid. Sebab bangsa yg besar dan maju hanyalah bangsa yg solid. Soliditas bisa muncul jika semua pihak punya mimpi yg besar bersama untuk di wujudkan. Secara garis besar, alenia ke 4 pembukaan UUD 1945 memang telah menyebutkan sejumlah ''target'' utama Indonesia dalam bernegara. Disebutkan, tujuan akhir indonesia adalah untuk ''membentuk pemerintahan negara Indonesia, yg melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia''.

          Selain itu, bangsa Indonesia juga bertekad ''memajukan kesejahteraan umum'', ''mencerdaskan kehidupan bangsa'', dan ''ikut melaksanakn ketertiban dunia, yg berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial''. Walau masih terbilang relatif abstrak, semua poin tadi setidaknya bisa dan harus dijadikan patokan Kita dalam bernegara.

Tidak ada komentar: