Rabu, 01 Februari 2012

Kedewasaan Manusia

       Membina sebuah hubungan antar manusia agar tidak mengalami masalah memang tidaklah mudah, karena karakter manusia satu dengan yg lain sangat berbeda. Hal ini bisa menjadi tolak ukur tingkat kedewasaan seorang manusia yaitu bagaimana seseorang menjaga sebuah hubungan agar tidak mengalami perpecahan baik dlm rumah tangga atau di dlm masyarakat/umum. Kedewasaan juga bisa di lihat dari cara seseorang dlm menghadapi masalah dan menyelesaikannya, kesimpulannya bahwa sikap dewasa tidak bisa di lihat dari faktor usia melainkan faktor pola pikir seseorang. ukuran usia dewasa tidak menjamin dlm kedewasaan berpikir.

        Sikap dewasa selalu menentukan kemana Kita akan melangkah, karena keputusan dlm hidup ini Kita sendiri yg akan menentukan bukan org lain karena Kita di beri akal utk berfikir bagaimana menghadapi tantangan dlm hidup ini. Segala kemajuan dalam hidup ini di mulai dari berfikir. Maka gunakanlah otak Kita utk berfikir sebaik-baiknya.

         Mungkin yg menjadi pertanyaan bagi org yg belum mempunyai sikap dewasa khususnya anak muda  adalah bagaimana bisa bersikap dewasa seperti manusia pada umumnya. Banyak di dunia ini seseorang yg sudah berusia dewasa namun tidak mempunyai sikap dewasa dan banyak pula seseorang dengan usia muda sudah mempunyai sikap dewasa. Sikap dewasa di dapatkan dari tingkat kemampuan berfikir seseorang atau pendidikan orang tua atau kebiasaan pergaulan di dlm masyarakat dapat mengubah sikap kekanak-kanakan menjadi sikap dewasa. Kebiasaan manja adalah musuh besar dari sikap dewasa, orang yg mempunyai kebiasaan manja akan sulit menyelesaikan masalah. karena selalu bergantung dari orang lain. Kebiasaan manja menutup otak utk berfikir. Kebiasaan manja tidak akan menghalangi inisiatif utk mandiri.
Bagi manusia, ada saatnya utk bersikap manja dan ada saatnya harus mengakhirinya.

           Persoalan Kita sudah bersikap dewasa atau belum, adalah penilaian oranr-orang di sekitar Kita, karena tidak ada sebuah alat utk mengukurnya karena bersifat mental spiritual yg tidak terlihat namun bisa di rasakan. Mengapa hanya orang-orang di sekitar yg bisa memberi penilaian ?  karena hal ini tidak bisa di nilai sebelum mengenal, hanya orang-orang sudah biasa berinteraksi dengan Kita.

       semoga pembaca tulisan ini bisa menilai Saya apakah sudah dewasa atau belum melalui komentar 
 
       terima kasih.....

Tidak ada komentar: