Selasa, 11 Oktober 2011

ARTI WARNA MENURUT ILMU PSIKOLOG

Menurut catatan sejarah, warna telah mengiringi pola dan perilaku
manusia dlm peradabannya, dan hingga kini warna telah di perluas
penggunaan juga fungsinya, di antaranya adalah dunia motor, fashion, permainan dan masih banyak lagi. Namun demikian yg jelas warna telah memiliki karakter serta sifat yg berbeda-beda.
                                                                                                                     Merah misalnya, warna ini mampu melambangkan keadaan psikologi yg mengurangkan tenaga, mendorong pergerakan denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Namun warna ini, juga mencirikan sebuah pengaruh produktifitas, perjuangan, persaingan dan keberanian.
          merah jambu melambangkan romantisme, feminim, serta
memiliki sifat kepasrahan, menggemaskan dan jenaka. Hal itu beda jika Anda menggunakan warna merah terang, karena warna ini menggambarkan kekuatan kemauan, cita-cita, agresif, aktif, eksentrik, penuh gairah, semangat dan sangat kelaki-lakian.
         Untuk Anda yang menyukai warna biru, sudah pasti Anda akan memiliki jiwa yang tenang, pasalnya warna biru ini memiliki karakter ketenangan yang sempurna. Memiliki kesan menenangkan pikiran dan tekanan darah, denyut nadi serta tarikan nafas.
           Bagi yg memiliki kecintaan pd warna kuning,Anda termasuk orang yg bahagia. Sebab warna ini mencirikan sebuah kegembiraan, leluasa dan santai, senang menunda-nunda masalah, berubah-ubah namun tetap penuh harapan, memiliki sifat bercita-cita setinggi langit, di sertai semangat yg juga tinggi.
           Penggemar warna hijau merupakan ciri Anda org yg peduli, itu terbukti dari sifat org yg senang dengan warna ini, selalu menasihati. Berkuasa namun memiliki kepribadian yg keras, rasa bangga yg
berlebih-lebihan, dan lebih superior dari yg lainnya. Tapi secara umum org dgn warna ini cenderung memiliki sifat senang di puji.
           Kelabu: warna ini tdk memiliki sifat yg jelas, tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi warna. Karena karakternya yg netral.
           Hitam melambangkan kehidupan yg terhenti. Oleh sebab itu, terkesan memberikan kehampaan, kematian, kegelapan dan kepunahan.
           Warna coklat menunjukkan ciri suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan, dan kebahagiaan masa depan.
        Ungu     memiliki sifat gempuran keras, perpaduan antara keintiman dan erotisme, atau menjurus pengertian yg dalam dan peka sifatnya. Sedikit kurang teliti namun selalu penuh harapan.
           Putih melambamgkan ciri kebersihandan kejujuran, warna ini memiliki karakter senantiasa menjaga diri dari pergaulan dosa.

Tidak ada komentar: